Bersatu: Apa yang ada untuk Mukhriz Mahathir?

Mukhriz Mahathir, putra Perdana Menteri Tun Dr Mahathir Mohamad dan Menteri Besar Kedah berada dalam posisi yang perlu dicontoh.

Dia memiliki kesempatan untuk masuk ke barisan senjata di negeri ini, tetapi jalannya penuh dengan jebakan.

Masa jabatan keduanya sebagai Kedah Menteri Besar akan membantunya untuk bersinar di tingkat nasional atau melupakannya.

Namun, perannya dalam Parti Pribumi Bersatu (PPB), yang dipimpin oleh ayahnya, Dr Mahathir juga akan menunjukkan keberaniannya.

Sejauh ini dia tidak membuat pemotongan dalam hirarki Pakatan Haparan. Mungkin karena penampilannya yang tidak bersemangat dalam enam bulan pertama pemerintahan baru yang berkuasa.

Tapi dia masih memiliki beberapa poin kuat, dan ini mungkin mengarah pada keselamatannya dan masa depannya meningkat ke puncak kekuasaan.

Mukhriz tidak dipotong dari berlian yang sama yang dibuat oleh Dr Mahathir, meskipun apel tidak jatuh jauh dari pohonnya.

Dr Mahathir adalah pemimpin yang kuat dan yang dihormati bahkan oleh musuh-musuhnya. Najib Razak akan mempertimbangkan kekalahannya yang datang langsung dari keberaniannya untuk menentang Dr Mahathir.

Kita tidak bisa mengatakan itu tentang Mukhriz. Dia tidak mencapai banyak hal di panggung politik tetapi dia memiliki satu hal: ambisi! Itulah yang memicu kebangkitannya sebagai Menteri Besar dan perannya sebagai salah satu kandidat PM dalam menunggu.

Hal positif berikutnya untuk Mukhriz adalah usianya. Dia bisa menunggu 10 tahun lagi untuk melakukan gerakannya. Tetapi ia akan membutuhkan sekutu yang kuat – di dalam Pakatan – untuk mendapatkan benteng di pemerintahan.

Taruhan terbaik untuk Mukhriz ada di tangan Anwar Ibrahim dan Azmin Ali. Baik Anwar dan Azmin adalah hewan politik yang tangguh. Mereka akan membutuhkan pria yang lebih lembut untuk mendukung mereka dalam peran mereka sebagai pemimpin Pakatan.

Meskipun tampaknya Azmin mendapat dukungan dari kepemimpinan Bersatu dalam upayanya untuk memperoleh kepemimpinan Pakatan, Anwar dapat menimbulkan kekacauan.

PM dalam menunggu mungkin hanya memilih Mukhriz sebagai wakil PM-nya, sebuah formula yang akan memberi kesempatan kepada Dr. Mahathir untuk pensiun dengan rasa syukur.

Itu akan menyegel kepemimpinan Anwar di pemerintahan dan menggalang Bersatu untuk mendukungnya. Bersatu belum bersikap baik kepada Anwar menjelang pemilihan umum Port Dickson.

Tapi ini akan menjadi sejarah jika dia memilih Mukhriz sebagai orang nomor dua. Akan lebih masuk akal politik baginya untuk melakukan itu mengingat peran yang dimainkan oleh Azmin dalam pembagian PKR.

Anwar akan membunuh dua burung dengan satu batu dengan memilih Mukhriz, yang membatasi kebangkitan Azmin dan membunuh permusuhan Bersatu ke arahnya.

Meskipun demikian, ia harus melangkah dengan hati-hati. Amanah dan DAP juga harus diberi pembagian kekuasaan yang adil. Tetapi Anwar adalah ahli utamanya.

Dengan segala cara, Mukhriz masih memiliki peluang yang lebih baik untuk menjadi seorang Menteri atau bahkan wakil PM jika Azmin memenangkan pertempurannya di dalam Pakatan.

Disebut ‘Brutus’ baru oleh beberapa orang, pembagian PKR oleh Azmin akan membuat partai lemah. Dominasi dia akan berumur pendek jika dia tidak tunduk dengan kebutuhan sekutu.

Namun, sekali lagi, Bersatu tampaknya adalah partai yang akan mencapai kesepakatan yang lebih baik untuk mendorong Azmin menjadi PM. Persembahannya dengan Dr Mahathir bukanlah fiksi. Dia mungkin membuat kesepakatan bahwa Mukhriz jika dia belum menjadi Menteri atau DPM di bawah Anwar, mungkin mendapatkan peran tertinggi kedua di bawahnya.

Dan itu akan menyegel tawaran Azmin untuk menjadi PM dalam tujuh tahun ke depan karena kami yakin Anwar tidak akan bertahan lebih dari satu masa pemerintahan sebagai PM.

Oleh karena itu, kesegaran dan kelemahan Mukhriz di arena politik yang mungkin membuatnya menjadi pos yang paling tidak mungkin di pemerintahan. Jika dia memainkan kartunya dengan baik, itu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s